4 Kelebihan Menggunakan Uang Elektronik untuk Transaksi

29 November 2019

Gerakan menggunakan uang elektronik berupa cardless dan cashless sudah mulai banyak dilakukan, terutama oleh masyarakat perkotaan. Pemakaian uang elektronik ini digunakan dalam transaksi pembayaran transportasi, pembelian makanan sehari-hari, dan membeli barang secara online. Uang elektronik ini dapat kamu simpan di dalam smartphone dengan sistem top up e-money.

Kelebihan Menggunakan Uang Elektronik

Kelebihan Menggunakan Uang Elektronik

Kelebihan Menggunakan Uang Elektronik

Transaksi menggunakan uang elektronik memberikan kemudahan dan keefektifan yang memang sulit ditolak. Pasalnya, kamu hanya tinggal mengoperasikannya melalui smartphone semua hal akan beres seketika. Untuk memiliki uang elektronik pun tidak perlu mendaftar menjadi nasabah dari bank tertentu. Kamu hanya tinggal mendownload aplikasi e-money yang akan kamu gunakan.

Penggunaan uang elektronik memberikan solusi bagi masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Syarat utamanya hanya perlu ada jaringan internet yang menghubungkan uang digital kamu di smartphone dan aplikasi tertentu. Begitupun ketika di toko yang menerima pembayaran uang digital, kamu tinggal melakukan sinkronisasi saja. Berbagai kemudahan telah ditawarkan oleh uang elektronik, di antara kelebihan lainnya akan diuraikan di bawah ini.

1. Transaksi Pembelian Jadi Lebih Cepat

Melakukan pembelian kebutuhan sehari-hari akan lebih cepat apabila kamu menggunakan uang elektronik. Hanya dengan aplikasi uang digital yang ada di smartphone, kamu bisa melakukan berbagai hal, mulai dari membeli voucher listrik, pulsa telepon, paket internet, hingga voucher games. Berbagai varian nominal juga dapat dikatakan lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

2. Lebih Praktis Melakukan Pembayaran

Jika kamu punya tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan namun sibuk dengan pekerjaan, maka uang elektronik menjadi salah satu solusinya. Dengan cara top up e-money yang praktis kamu dapat membayar tagihan bulanan seperti listrik dengan tepat waktu. Pembayarannya pun mudah sekali dilakukan, kamu hanya tinggal memasukkan ID pelanggan yang telah terhubung dengan aplikasi pembayaran tertentu.

3. Uang Elektronik Praktis Dibawa Kemana Saja

Membawa uang konvensional atau tunai juga tidak menjadi persoalan jika kamu mampu menjaganya. Namun, akan ada kekurangan yang kamu dapatkan jika membawa uang tunai di dompet, kantong celana, dan tas. Misalnya membuat isi dompet kamu menjadi penuh sehingga tidak nyaman dibawa di kantong celana. Selain itu, faktor keamanan pun menjadi persoalan lainnya. Bisa saja kamu merasa was-was ketika membawa uang dalam jumlah yang banyak saat momen tertentu.

Berbeda ketika kamu memilih menggunakan uang elektronik untuk urusan transaksi. Jumlah uang yang dibawa pun bisa lebih besar namun tidak memakan ruang dompet. Sehingga ketika kamu bepergian pun akan selalu merasa aman karena jumlah uang yang besar pun tidak terlihat secara kasat mata. Dalam urusan pembelian barang-barang di toko tertentu pun akan terasa lebih mudah dan cepat.

4. Terbebas dari Uang Kembalian

Pernahkah kamu bermasalah dengan uang kembalian? Permasalahan yang dimaksud seperti tidak adanya uang kecil sehingga diganti dengan permen. Karena permasalahan itu juga terkadang kamu harus merelakan uang kembalian tersebut. Padahal jika dikumpulkan uang kembalian itu lumayan juga meskipun nominalnya tidak besar. Nah, disinilah kelebihan uang elektronik yang bisa menghindari drama uang kembalian.

Demikianlah kelebihan dari menggunakan uang elektronik untuk urusan transaksi. Untuk top up e-money pun sangatlah praktis, mengingat pusat perbelanjaan tertentu menyediakan tempat top up uang digital. Indonesia pun kini sedang berada dalam kemajuan teknologi yang memungkinkan uang digital akan digunakan oleh masyarakat Indonesia di masa yang akan datang.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+