5 Cara Aman dan Efektif Meredakan Gejala Tipes

18 Oktober 2022

Ada banyak bentuk gejala yang ditunjukkan oleh tubuh saat terserang tipes. Hal ini sebaiknya diwaspadai karena gejala-gejala yang muncul bisa bersifat berat dan berbahaya. Gejala tipes yang biasa muncul meliputi tubuh lemas, sakit perut, sakit tenggorokan, sakit kepala, menggigil, dan demam tinggi. Mari cari tahu bagaimana caranya meredakan gejala-gejala tersebut agar kondisi tubuh lebih membaik.

Mengatasi Gejala Penyakit Tipes

Cara Aman dan Efektif Meredakan Gejala Tipes

Ilustrasi sakit kepala

Jenis penyakit yang satu ini dipicu oleh adanya infeksi virus. Gejala yang muncul sebaiknya segera diatasi agar tidak berkembang semakin parah. Anda bisa mencoba beberapa cara untuk meredakan gejala-gejala tipes di rumah. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan:

1. Jaga Pola Makan

Prinsip penting dalam mengobati tipes adalah pola makan. Pastikan untuk mengatur pola makan dengan sebaik mungkin. Lebih disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein. Meskipun memang pasti tidak mudah untuk tetap makan saat kondisi tubuh sedang sakit. Namun harus tetap diusahakan makan banyak kalori dan protein.

Penderita tipes juga sebaiknya makan dalam porsi yang kecil. Lebih baik makan porsi kecil namun sering agar lebih mudah untuk dicerna. Selain itu makan dalam porsi kecil juga menjadi solusi efektif karena nafsu makan pasti menurun ketika sakit.

2. Pastikan Tubuh Selalu Bersih

Selalu jaga kebersihan tubuh selama menderita tipes. Ini juga penting untuk diingat karena tipes adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dan membersihkan lingkungan di sekitar tempat penderita tipes beristirahat. Jaga juga kebersihan makanan yang dikonsumsi termasuk peralatan makan yang digunakan.

3. Banyak Minum Air Putih

Penting sekali bagi penderita tipes untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik. Pastikan untuk banyak minum air putih untuk memulihkan kondisi tubuh seperti semula. Apalagi jika gejala tipes yang ditunjukkan adalah demam tinggi, diare, dan muntah. Kondisi ini bisa memicu dehidrasi dan akan membuat kondisi tubuh semakin drop.

Pastikan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Bisa juga dilengkapi dengan jus buah atau jenis buah yang kandungan airnya banyak. Misalnya saja semangka, melon, dan pir. Penderita tipes juga bisa diminta mengonsumsi sup karena kuah sup juga bisa menambah kadar cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Banyak Istirahat

Penderita tipes juga harus banyak istirahat. Biasanya memang seseorang akan sangat lemas ketika menderita tipes. Oleh sebab itu harus benar-benar istirahat total. Saat beristirahat, maka jaringan tubuh yang mengalami infeksi bisa lebih cepat mengalami perbaikan. Selain itu hal ini juga akan membantu menurunkan potensi penularan virus.

5. Konsumsi Obat

Jangan lupa, konsumsi obat yang sudah diberikan oleh dokter. Penderita tipes memang harus segera dibawa ke dokter untuk dicek kondisinya secara menyeluruh. Dokter kemudian bisa memutuskan apakah pasien harus dirawat di rumah sakit atau bisa pengobatan jalan.

Pastikan untuk selalu mematuhi jadwal minum obat yang sudah ditentukan oleh dokter. Ikuti dosis yang sudah dianjurkan dan jangan sampai terlewat. Jika patuh minum obat, istirahat cukup, dan konsumsi makanan sehat maka tubuh akan lebih cepat pulih seperti biasa.

Semua gejala tipes yang dirasakan oleh tubuh pasti bisa diredakan. Ikuti saran dari dokter dan hentikan aktivitas untuk sementara. Jika kondisi tubuh semakin menurun maka segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat. Pemberian infus dan rawat inap akan dijadikan pilihan untuk membuat tubuh pulih kembali.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+